Monday, December 29, 2008

2 Kalimat Hebat, penuh arti

Hari minggu kemarin, tepatnya tanggal 28 Desember 2008 sekitar jam 10.30 saya dengan teman saya makan disebuah tempat makan Bakso Lintong, lokasinya diseberang SPBU Lontar - Serang. Saya tidak sengaja untuk menepi dan mampir di tempat ini, hanya sekedar mencari tempat ngobrol yang enak dan santai untuk melakukan penandatanganan perjanjian antara teman saya dan kliennya. Setelah beberapa saat kemudian saya memesan makanan dan minuman yang tertera di List menu yang disediakan.
Hmm...Bukan makanannya atau minumannya yang ingin saya posting disini, tapi yang menarik untuk saya tulis disini adalah beberapa kalimat yang terpampang dengan tulisan cina yang dibawahnya terdapat terjemahan dalam bahasa indonesia, dalam bingkai sederhana khas negeri asalnya.

Kalau tidak salah kalimat tersebut berbunyi "ORANG BAIK, WALAUPUN REZEKINYA BELUM TIBA AKAN TETAPI PETAKA SUDAH MENJAUHINYA" dan sepenggal kalimat di bawahanya berbunyi "ORANG JAHAT, WALAPUN PETAKA BELUM DATANG, REZEKI SUDAH MENJAUHINYA". Sekilas kalimat itu bisa saja tanpa makna, tapi setelah dibaca berulang-ulang saat itu baru otak saya merespon dan mencerna kedalaman makna yang terkandung. Saya tidak tau kalimat ini didapat dari mana, atau kitab mana yang jelas makna yang dapat saya ambil dari kalimat tersebut diatas menurut otak saya adalah orang berbuat baik atau orang baik itu sudah dipastikan memiliki dua balasan yang nyata, yaitu Rezeki dan dijauhkan dari petaka, dari siapa balasannya tentu saja dari sang raja manusia yang kita percaya. Sebaliknya orang yang berbuat jahat itu juga pasti akan mendapatkan dua ganjaran yang yang sebaliknya, yaitu Rezekinya dijauhkan dan petaka sudah siap mengincarnya.
Jadi pilihannya sudah jelas, maka berbuat baiklah karena berbuat baik itu bisa mendatangkan rezeki, klopun rezekinnya belum didapat setidaknya kita sudah dijauhkan dari petaka sambil menunggu rezeki itu datang, tentu bukan dengan MENUNGGU dalam arti kita diam begitu saja, tetap harus ada usaha yang kita lakukan untuk mengambilnya. Dapat dipastikan kita bisa memperoleh keduanya, so jika ingin dijauhkan dari segala petaka ya Berbuat baiknya jangan tanggung-tanggung geh, jadikan disetipa kesempatan untuk berbuat baik kepada diri sendiri dan orang lain.
Hmm...jauh dari apa yang saya dapat tuliskan tentang makna kalimat tersebut diatas tentu memiliki segudang makna yang tersirat didalamnya, tergantung bagaimana kita menyikapinya dan silahkan mengkaji diri sehingga kita benar-benar menjadi orang baik.

0 comments: